Manfaat Olah Raga

by -767 views

 

  1. PENDAHULUAN

Olahraga adalah aktivitas fisik dengan intensitas yang lebih tinggi daripada aktivitas sehari-hari. Tujuannya adalah untuk mendapatkan manfaat kesehatan baik secara fisik maupun mental.

Olahraga bisa menjadi kebiasaan jika kita memilih aktivitas yang kita sukai. Setiap orang memiliki jenis olahraga favorit yang berbeda-beda seperti berjalan, berlari, hiking, mengikuti kelas fitnes atau menggunakan treadmill dan lain sebagainya. Apapun pilihannya, olahraga adalah suatu keharusan untuk menjaga kesehatan.

  1. MANFAAT LATIHAN
    • Meningkatkan kebugaran fisik
    • Meningkatkan keseimbangan, koordinasi dan kelincahan
    • Meningkatkan kualitas tidur
    • Meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi kecemasan
    • Mengontrol tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes
    • Pertahankan berat badan ideal
    • Meningkatkan kepadatan tulang
    • Meningkatkan fungsi kognitif

3. REKOMENDASI ‚Äč‚ÄčKEGIATAN FISIK MENURUT USIA

  • a) Rekomendasi Aktivitas Fisik untuk Usia 5 sampai 17 tahun

 

Aktivitas fisik yang disarankan:

Bermain atau rekreasi, olahraga, mengerjakan pekerjaan rumah, rekreasi baik di rumah, di sekolah maupun di masyarakat.

Durasi :

Lakukan setidaknya 60 menit aktivitas fisik sedang atau berat setiap hari.

 

b) Rekomendasi Aktivitas Fisik untuk Usia 18 s/d 64 Tahun

Aktivitas fisik yang disarankan:

Dapat dibagi menurut domain seperti aktivitas fisik waktu senggang (misalnya: mencuci mobil atau berkebun), bepergian (misalnya: berjalan kaki atau bersepeda), bekerja, mengerjakan pekerjaan rumah, bermain, rekreasi luar ruangan dan olahraga baik bersama keluarga, teman, atau komunitas.

Durasi:

Setidaknya 150 menit seminggu. Konsep kumulatif 150 menit per minggu mengacu pada jumlah waktu yang dicampur dengan aktivitas fisik yang dilakukan minimal 30 menit per hari secara terus menerus. Misalnya, 30 menit aktivitas fisik sedang, 5 hari seminggu.

Orang dewasa yang tidak aktif, lebih baik melakukan sedikit aktivitas daripada tidak melakukan aktivitas fisik sama sekali. Individu dewasa yang tidak mencapai tingkat aktivitas yang disarankan perlu lebih fokus pada peningkatan durasi, frekuensi, dan intensitas.

c) Rekomendasi Aktivitas Fisik untuk Usia 65 Tahun ke Atas

Aktivitas fisik yang disarankan:

Ranah aktivitas fisik meliputi waktu senggang aktivitas fisik (mis. berkebun), bepergian (mis. berjalan atau bersepeda), bekerja (untuk individu yang masih bekerja), melakukan pekerjaan rumah tangga, aktivitas rekreasi, olahraga (mis. peregangan, joging & tai-chi) dan bermain olahraga

Durasi :

Melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik tingkat sedang per minggu atau setidaknya 75 menit aktivitas fisik tingkat tinggi sepanjang minggu dengan kombinasi aktivitas fisik tingkat tinggi dan sedang.

  1. KETERLIBATAN MASYARAKAT

Untuk mendorong masyarakat, khususnya yang kurang aktif melakukan aktivitas fisik agar menjadi lebih bugar, Pemerintah mengimbau masyarakat untuk berjalan 10.000 langkah sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.